Subscibe in a Reader

Selasa, 20 November 2012

Pentingnya CRM

Selamat Sore, mumpung masih ada waktu sekitar 1 jam. Sebelum saya OFF


Pada kali ini saya ingin membagi sedikit pengalaman mengenai CRM.

Apa itu CRM ?
CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management. Untuk yang umum, sekarang ini CRM lebih condong pada software/aplikasi - aplikasi tertentu yang memang sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan ini.

Akan tetapi, paradigma ini malah yang akan membuat anda menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan software yang cocok dan tepat. Padahal CRM bisa juga dilakukan tanpa software dan biaya relatif murah, Akan tetapi CRM cukup menyita waktu dan perhatian. Kenapa demikian, CRM yang baik akan berimbas pada kenaikan OMZET.

OKE, sedikit tentang bagaimana melakukan CRM. Ambil contoh saja Toko Kami SUMURBOTO.COM, secara fisik kami menjual alat - alat dan perlengkapan kantor juga sekolah. Kami buka jam 7 pagi, hingga jam 9 malam. Toko SumurBoto, merupakan toko yang dikenal komplit dan berharga miring / murah. Karena alasan inilah, kami cukup ramai dikunjungi pembeli, mulai anak kecil - pegawai kantor. Dengan kondisi yang ramai, jelas tidak ada yang membedakan antara pembeli anak - anak ataupun pegawai kantor. Yang membedakan hanyalah, jumlah barang yang dibeli dan nilai nominal yang dibayarkan.

Apakah yang dilakukan oleh toko kami salah ?............... Tidak!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
100% Toko kami benar, memang sudah sewajarnya. Tapi jika kita tilik sekali lagi, berapa kesempatan yang hilang. Jika saja kami mengenal dengan baik siapa konsumen kami dengan jelas. Sudah pasti, kami bisa melakukan peningkatan omzet dengan cara yang lebih menyenangkan bagi para konsumen. Yang dimana konsumen akan selalu merasa bahwa, mereka dihargai, mereka diperdulikan. Konsumen - konsumen anda pasti akan kembali kepada anda.

Itulah alasannya kenapa Toko SumurBoto.com selalu ramai. Karena kami peduli dengan apa yang konsumen kami dapatkan. Bukan hanya peduli dengan sejumlah uang yang mereka bayarkan.

Oleh karena itu sebelum terlambat, kenalilah siapa konsumen anda. Agar mereka tidak pindah ke produsen lain / toko lain. Yang tentunya akan kembali dengan menambah omzet toko/usaha anda.

 
 

1 komentar: